JURNAL
1
Judul
Jurnal : Pemodelan Wajah 3D Berbasis
Foto Diri Menggunakan Maya Embedded Language (MEL) Script
Penulis : Yudi Prayudi dan Iwan Aprizal
1. Kelebihan
Ø Memberikan
pengertian serta keunggulan menggunakan bahasa pemrograman MEL Script dan
aplikasinya yaitu MAYA.
Ø Adanya
flowchart yang berdampingan dengan gambar prosesnya, membuat pembaca jelas
dengan alur pembuatan modeling wajah 3D.
Ø Karena
menggunakan bantuan foto diri paling tidak model akhir wajah 3D yang dihasilkan
memiliki tingkat kemiripan.
Ø Dengan
model wajah 3D tersebut maka proses-proses rekayasa objek grafik seperti
animasi, efek photo realistic dapat dengan mudah dilakukan.
2. Kekurangan
Ø Pemodelan
wajah 3D ini memiliki tingkat kesulitas cukup tinggi.
Ø Metode
yang dilakukan cukup rumit, serta membutuhkan tingkat kemahiran dalam memilih
foto yang seimbang antara tampak samping dan depan , dan juga dalam mengolah
foto yang akan menjadi dasar pemodelan 3D.
3. Kesimpulan
Implementasi
dari jurnal ini berdasarkan proses perancangan yang telah dibuat, menghasilkan
output obyek model gambar wajah 3D yang memiliki tingkat kemiripan source
dengan foto diri. Jika ingin menambah proses finishing dapat menggunakan
aplikasi lain selain MAYA yaitu photoshop.
JURNAL
2
Judul
Jurnal : Pembuatan Simulasi Pergerakan
Objek 3D (Tiga Dimensi) Menggunakan OpenGL
Penulis : Deddy Suhardiman, S.T.G. Kaunang,
Rizal Sengkey dan Arthur M. Rumagit
1. Kelebihan
Ø Memberikan
pengertian yang baik yang terdapat pada landasan teorinya.
Ø Bahan
dan peralatan (hardware dan software) dijelaskan secara mendetail.
Ø Terdapat
logika dan penjelasan pada setiap coding yang dipakai project.
Ø Fleksibilitas
yang besar dimungkinkan dalam proses menghasilkan gambar.
Ø OpenGL
dapat dikombinasikan sebagai building blocks untuk menciptakan teknik inovatif
dan menghasilkan kemampuan baru grafis.
2. Kekurangan
Ø Kurangnya
menyertakan gambar dari tahapan-tahapan proses.
Ø Kurangnya
ketepatan pixel yang muncul dalam pembuatan objek.
Ø Hasil
simulasi pada jurnal kurang mendetail.
3. Kesimpulan
Dalam
pembuatan objek 3D pada aplikasi OpenGL membutuhkan berbagai macam fungsi atau
perintah yang terdapat dalam OpenGL. Dalam pembuatan suatu objek, terdapat
beberapa bentuk yang akan disatukan, kemudian pengaturan skala dan tekstur juga
diterapkan dalam pembuatan objek pesawat terbang. Menghasilkan output simulasi pergerakan objek
3D.
JURNAL
3
Judul
Jurnal : Rancang Bangun Aplikasi 3D
Pada Pengenalan Tata Surya Berbasis Augmented Reality
Penulis : Muttaqin Z.
1. Kelebihan
Ø Adanya
gambar pada setiap tahap pembuat mempermudah pembaca untuk mengaplikasikannya.
Ø Dalam
jurnalnya terdapat hasil pengujian aplikasi yang membantu pembaca apabila
mendapatkan masalah saat menggunakan aplikasi itu.
Ø Dari
pembuatan jurnal tersebut dapat di implementasikan secara luas dalam berbagai
media, khususnya dalam pembelajaran tata surya menjadi lebih menarik dan
interaktif sehingga dapat menumbuhkan minat belajar anak.
2. Kekurangan
Ø Besar
objek dan banyaknya material dapat mempengaruhi loading model saat menjalankan
sistem, sehingga loading akan lama jika kita membuat aplikasi menggunakan
banyak material.
Ø Membutuhkan
tingkat kemahiran dalam menempatkan marker pada posisi yang tepat.
Ø Memerlukan
spesifikasi kamera yang tinggi dan cahaya yang baik, karena mempengaruhi muncul
tidaknya objek.
2. Kesimpulan
Pemodelan
grafik surya dibutuhkan dalam perancangan sebuah objek ataupun desain antarmuka
pada sebuah aplikasi, dan pada jurnal ini membahas tentang tata surya. Karena
desain project ini dapat digunakan dalam media pembelajaran baik dalam bentuk
objek 2D maupun 3D, tujuannya agar lebih menarik dalam mempelajari tata surya.
Referensi
Ø http://journal.uii.ac.id/index.php/media-informatika/article/view/13
Ø http://download.portalgaruda.org/article.php?article=15705&val=1028
Ø http://180.241.122.205/docjurnal/MUTTAQIN.Z-jurnal_muttaqin.pdf
Tidak ada komentar :
Posting Komentar