Kamis, 04 Juni 2015

Pembuatan Aplikasi Game Android

Aplikasi Permainan Defrog Berbasis Android



Nama Aplikasi : Defrog Game
Tema Aplikasi : Permainan Logika (Logic Game)
Spesifikasi Device : (Samsung Galaxy S3)
Ø Technology : GSM /HSPA
Ø Dimensions : 121.6 x 63 x 9.9 mm
Ø Type : Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ø Size : 4.0 inches
Ø Resolution : 480 x 800 pixels
Ø Multitouch : Yes
Ø OS : Android OS, v4.1 (Jelly Bean) above
Ø Chipset : NovaThor U8420
Ø CPU : 1 GHz dual-core Cortex-A9
Ø GPU : Mali-400
Ø Internal : 8 GB, 1 GB RAM

Langkah – langkah pembuatan aplikasi :
1.    Siapkan atau download IDE untuk penmbuatan plikasi seperti ADT Bundle, Eclipse atau Android Studio beserta SDK Manager jika ingin menjalankan aplikasi secara virtual. Namun pada aplikasi ini saya menggunakan ADT Bundle for Windows dan untuk menjalankan aplikasi menggunakan Android Device.

2.    Jalankan ADT Bundle kemudian buat project baru dengan cara klik File, New, Project lalu jendela new project akan muncul.


3.    Pada jendela New Project, pilih Android Application Project lalu Next. Kemudian jendela New Android Application akan muncul lalu isikan data pada Application Name sesuai project yang dibuat, lalu tentukan target API untuk menentukan aplikasi dapat berjalan pada level (ICS, Jellybean, dsb) android dan tentukan Theme untuk menentukan tema apa yang pertama kali muncul ketika aplikasi dijalankan. Kemudian pilih Next.


4.    Selanjutnya pada jendela Launcher Icon, tentukan  sebuah gambar untuk dijadikan icon/simbol dari aplikasi, kemudian pilih Next. Pada jendela Create Activity, pilih activity apa yang akan digunakan pada saat aplikasi pertama kali dijalankan. Kemudian klik Finish dan sebuah project baru akan terbuat pada jendela Project Exlorer.


5.    Kemudian langkah awal untuk membuat suatu aplikasi adalah mendaftarkan aktifitas pada file AndroidManifest.xml agar dapat dijalankan jadi tambahkan (Add) Application Node pada Android Manifest Application.


6.    Selanjutnya buat beberapa layout aplikasi pada folder res, layout pada project kita, kemudian design layout semenarik mungkin menggunakan bahasa pemrograman Extensible Markup Language (XML) untuk nantinya akan dipanggil ketika aplikasi dijalankan. Contoh listing seperti gambar di bawah.

7.    Kemudian buat file java pada pada folder src, package project kita yang berfungsi untuk mengatur alur aplikasi atau aktifitas apa yang akan aplikasi lakukan. Contoh listing seperti gambar dibawah.

8.    Jika semua file sudah dibuat, untuk memastikan listing program pada project tidak ada yang error maka dapat dilakukan dengan cara pilih menu Project, lalu Clean. Jika project tidak ada yang error maka dapat dijalankan dengan cara pilih menu Run, lalu Run, atau dengan shortcut Ctrl+F11.


9.    Output Aplikasi

Tampilan Home

Tampilan Tentang

Tampilan Petunjuk

Tampilan Permainan


Tidak ada komentar :

Posting Komentar