Aplikasi Permainan Defrog Berbasis
Android
Nama
Aplikasi : Defrog Game
Tema
Aplikasi : Permainan Logika (Logic Game)
Spesifikasi
Device : (Samsung Galaxy S3)
Ø Technology : GSM /HSPA
Ø Dimensions : 121.6 x 63 x 9.9 mm
Ø Type : Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M
colors
Ø Size : 4.0 inches
Ø Resolution : 480 x 800 pixels
Ø Multitouch : Yes
Ø OS : Android OS, v4.1 (Jelly Bean) above
Ø Chipset : NovaThor U8420
Ø CPU : 1 GHz dual-core Cortex-A9
Ø GPU : Mali-400
Ø Internal : 8 GB, 1 GB RAM
Langkah
– langkah pembuatan aplikasi :
1.
Siapkan atau
download IDE untuk penmbuatan plikasi seperti ADT Bundle, Eclipse atau Android
Studio beserta SDK Manager jika ingin menjalankan aplikasi secara virtual.
Namun pada aplikasi ini saya menggunakan ADT Bundle for Windows dan untuk menjalankan
aplikasi menggunakan Android Device.
2.
Jalankan ADT
Bundle kemudian buat project baru dengan cara klik File, New, Project lalu
jendela new project akan muncul.
3.
Pada jendela New
Project, pilih Android Application Project lalu Next. Kemudian jendela New
Android Application akan muncul lalu isikan data pada Application Name sesuai
project yang dibuat, lalu tentukan target API untuk menentukan aplikasi dapat
berjalan pada level (ICS, Jellybean, dsb) android dan tentukan Theme untuk
menentukan tema apa yang pertama kali muncul ketika aplikasi dijalankan.
Kemudian pilih Next.
4.
Selanjutnya pada
jendela Launcher Icon, tentukan sebuah
gambar untuk dijadikan icon/simbol dari aplikasi, kemudian pilih Next. Pada
jendela Create Activity, pilih activity apa yang akan digunakan pada saat
aplikasi pertama kali dijalankan. Kemudian klik Finish dan sebuah project baru
akan terbuat pada jendela Project Exlorer.
5.
Kemudian langkah
awal untuk membuat suatu aplikasi adalah mendaftarkan aktifitas pada file
AndroidManifest.xml agar dapat dijalankan jadi tambahkan (Add) Application Node
pada Android Manifest Application.
6.
Selanjutnya buat
beberapa layout aplikasi pada folder res, layout pada project kita, kemudian
design layout semenarik mungkin menggunakan bahasa pemrograman Extensible
Markup Language (XML) untuk nantinya akan dipanggil ketika aplikasi dijalankan.
Contoh listing seperti gambar di bawah.
7.
Kemudian buat
file java pada pada folder src, package project kita yang berfungsi untuk
mengatur alur aplikasi atau aktifitas apa yang akan aplikasi lakukan. Contoh
listing seperti gambar dibawah.
8.
Jika semua file
sudah dibuat, untuk memastikan listing program pada project tidak ada yang
error maka dapat dilakukan dengan cara pilih menu Project, lalu Clean. Jika
project tidak ada yang error maka dapat dijalankan dengan cara pilih menu Run,
lalu Run, atau dengan shortcut Ctrl+F11.
9.
Output Aplikasi

















Tidak ada komentar :
Posting Komentar